Pages

Subscribe Twitter

Minggu, 03 April 2011

phbs di rumah tangga

PHBS
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan upaya untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat. Metode yang digunakan  dengan jalur komunikasi, memberikan informasi dan melakukan pendidikan untuk meningkatkan pengetahuan sikap, perilaku. Pendekatan yang dilakukan untuk mencapai tujuan melalui pendekatan pimpinan, bina suasana dan pemberdayaan.  Diharapkan masyarakat mengenali dan mengatasi masalah sendiri dalam tatanan rumah tangga, institusi pendidikan dan tempat ibadah, agar dapat menerapkan cara-cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara dan meningkatkan kesehatannya.
Mengingat dampak dari perilaku terhadap derajat kesehatan cukup besar, maka diperlukan berbagai upaya untuk mengubah perilaku yang tidak sehat menjadi sehat, melalui program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). PHBS dilaksanakan mulai tahun 1996 oleh Pusat Penyuluhan Kesehatan Masyarakat yang saat ini disebut Pusat Promosi Kesehatan.
PHBS banyak jenisnya seperti gizi, kesling, di rumah tangga. PHBS di rumah tangga adalah upaya memberdayakan anggota rumah tangga agar tahu, mau dan mampu mempraktekkan perilaku hidup bersih dan sehat serta berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat. Adapun tujuan PHBS di rumah tangga adalah sebagai berikut:
1.      Untuk meningkatkan dukungan dan peran aktif petugas kesehatan, petugas lintas sektor, media massa, organisasi masyarakat, LSM, tokoh masyarakat, tim penggerak PKK dan dunia usaha dalam pembinaan PHBS di rumah tangga
2.      Meningkatkan kemampuan keluarga untuk melaksanakan PHBS dan berperan aktif dalam gerakan kesehatan di masyarakat.
Sasaran PHBS tatanan rumah tangga adalah seluruh anggota keluarga yaitu: pasangan usia subur, ibu hamil dan atau ibu menyusui, anak dan remaja, usia lanjut, dan pengasuh anak.
Adapun indikator PHBS tatanan rumah tangga, adalah:
1.   Pertolongan persalinan oleh tenaga kesehatan,
2.   Bayi diberi ASI ekslusif,
3.   Menimbang bayi dan balita setiap bulan,
4.   Ketersediaan air bersih,
5.   Mencuci tangan dengan air bersih dan sabun.
6.   Ketersediaan jamban sehat,
7.   Memberantas jentik di rumah sekali seminggu.
8.   Makan sayur dan buah setiap hari.
9.   Melakukan aktifitas fisik setiap hari.
10. Tidak merokok di dalam rumah.
 (Sumber referensi : Buku Saku Rumah Tangga Sehat dengan PHBS, Pusat Promosi Kesehatan, Depkes RI, Jakarta, 2007, hal.2)

0 komentar: